RESUME PRESENTASI KELOMPOK

RESUME PRESENTASI KELOMPOK
SOSIOLOGI KOMUNIKASI


KELOMPOK I
MEDIA DAN KELUARGA


Keluarga adalah organisasi terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari Ayah sebagai kepala keluarga, Ibu sebagai wakil kepala keluarga, dan Anak sebagai anggota keluarga. dan media untuk saat ini contohnya Televisi sudah menjadi orang tua lain dalam keluarga, sadar ataupun tidak.


pengaruh negatif Televisi terhadap anak
1. mempengaruhi perkembangan otak dan daya pikir anak
2. konsumtif
3. mudah terpengaruh
4. semangat belajar menurun
5. obesitas
6. Anti soial
7. cepat matang secara seksual


Secera umum moderenisasi cenderung untuk menimbulkan suatu unit keluarga yang dibentuk oleh daya tarik emosional dan yang dibangun atas dasar-dasar seksual- emosional yang terbatas.
Moderenisasi yang terjadi telah menyebabkan perubahan- perubahan dalam fungsi keluarga.

KELOMPOK II
MEDIA MASSA DAN ANAK
Media massa sangat berdampak pada perilaku anak mereka cenderung kasar dan berperilaku layaknya orang dewasa berikut beberapa dampak positif dan negatif dari Teevisi, Radio, Media sosial dan majalah


dampak positif
1. anak lebih kreatif
2. edukasi dan informasi
3. mengembangkan keterampilan


dampak negatif
1. menyita waktu belajar
2. mudah terpengaruh hal negatif
3. menjadi konsumtif dan hedonik
4. merusak tatanan bahasa indonesia karena sosial media tidak menganut ejaan baku


KELOMPOK III
PEREMPUAN, MEDIA DAN PORNOGRAFI


Media baik elektronik maupun cetak saat ini sebagai salah satu penyebab utama menurunnya moral umat manusia termasuk remaja. berbagai tayangan yang sangat menonjolkan aspek pornografi diyakini sangat erat hubungannya dengan meningkatya berbagai kasus kekerasan seksual.
Dengan semakin majunya teknologi komunikasi, saat ini hampir tidak ada satupun kekuatan yang mampu mengendalikan atau melakukan sensor terhadap berita maupun hiburan termasuk berita atau tayangan yang termasuk dalam taangan pornografi.
pornografi dapat menggunakan berbagai media - teks tertulis maupun lisan, foto-foto, ukiran, gambar, gambar bergerak (animasi), dan suara seperti misalnya suara orang yang bernapas tersengal-sengal. Film porno yang menggabungkan gambar yang bergerak, teks erotik yang diucapkan dan/ atau suara- suara erotik lainnya, sementara majalah seringkali menggabungkan foto dan teks tertulis, novel dan cerita pendek menyajikan teks tertulis, kadang-kadang dengan ilustrasi . suatu pertunjukan hidup pun disebut porno (dalam muntaqo, 2006).
Bila remaja terus menerus mengkonsumsi pornografi, sangat mungkin ia akan melakukan hubungan seks pada usia terlalu dini, dan diluar ikatan pernikahan. apalagi pornografi umumnya tidak mengajarkan corak huungan yang bertanggungjawab, sehingga potensial mendorong perilaku seks yang menghasilkan kehamilan remaja, kehamilan diluar nikah atau penyebaran penyakit yang menular melalui hubungan seks, seperti PMS/AIDS.


BAB IV
MEDIA, GAYA HIDUP, DAN KONSUMERISME
Seiring dengan perkembangan teknologi, media massa saat ini semakin tumbuh dan berkembang. tanpa kita sadarai, di era globalisasi ini, media massa memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap gaya hidup masyarakat.
Media massa merupakan sarana pengembangan kebudayaan, salah satu contoh budaya yang dikembangkan oleh media massa yaitu gaya berpakaian selebritis yang biasanya diikuti oleh masyarakat.
Gaya hidup mempengaruhi perilaku seseorang dan pilihan- pilihan konsumsi seseorang. sifat konsumtif dan gaya hidup ini sangat terpaut erat. demi memenuhi gaya hidup, seseorang akan bersifat konsumtif meskipun hal tersebut bertolak belakang dengan realitas kebutuhan dan kemampuan yang dimilikinya.


BAB V
HIBURAN SEBAGAI EFEK MEDIA
Sedemikian dahsyatnya efek media pada manusia. komunikasi massa berhasil mempengaruhi masyarakat mulai dari efek kognitif (pengetahuan), afektif (emosional dan perasaan) dan behavioral (perubahan pada perilakau) \. namun pada dasarnya, efek yang ditimbulkan tersebut tidak akan pernah bisa berdiri sendiri, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi. karena pada saat masyarakat menerima pesan, mereka tidak langsung menerimanya, namn menyaring pesan tersebut, dengan berpikir dan mempertimbangkannya. karena masih ada faktor pribadi dan faktor sosial yang menentukan seberapa besar efek media massa pada perubahansikap dan perilaku manusia.
sejatinya, manusia hidup dalam dunia yang dipenuhi dengan berbagai kebutuhan dan kepentingan, dimana media memiliki peran besar didalamnya, apa yang dilakukan oleh masyarakat, mungkin secara tidak langsung akibat dari pengaruh media. namun tidak dapat dibantah, bahwa masyarakat global akan semakin tergantung pada media. karena pada dasarnya, manusia dimuka bumi ini tinggal dalam global village atau desa global, kareba besarnya pengaruh media massa dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar